Menurut beberapa sumber bisnis ini peluangnya masih sangat baik. Masih banyak orang yang menjadikan T-shirt sebagai salah satu alternative cendera mata atau pakaian kasual yang memang cocok untuk iklim negara kita. Mari kita belajar dari pebisnis yang berhasil dalam bidang ini. Sebut saja Dagadu dari Yogya,Joger dari Bali dan C-59 dari Bandung atau pendatang baru SPHLLZ478 dari Yogyakarta. Salah satu keberhasilan mereka adalah karena mereka memiliki desain yang orisinil dan sangat khas, sekali lagi khas!!! Coba anda periksa desain-desain dari SPHLLZ478.
Kunci sukses dalam bisnis kaos ini ada pada desain, setidaknya itu menurut beberapa pakar yang sempat kami temui. Untuk itu kreativitas kita harus kita asah untuk menciptakan desain-desain yang baik dan unik agar menempati posisi yang baik di mata konsumen. Ini penting jika Anda memang ingin membangun brand atau merek sendiri. Coba anda tengok produk2 ini oblong bocah atau emseventy, kenapa kedua produk ini meskipun diproduksi sangat terbatas tetapi sangat diminati konsumen di Indonesia, terutama di luar jawa, asah feeling anda dan silahkan temukan jawabannya 😀
Dan akan sangat berbeda jika untuk sekadar membuat sablon kaos biasa. Desain menjadi tidak penting karena desain dapat diambil dari mana saja. Contohnya, nama klub dan logo sepak bola, merk-merk terkenal, atau mungkin sablon kaos untuk kepentingan instansi atau sekolah.
Desain kaos yang ‘biasa’ ini memang banyak diperjualbelikan di pasar atau toko mana saja karena sifatnya yang umum. Risikonya ya harus bertarung dengan yang lain, apalagi harga kaos seperti ini bisa dibawah 20 ribu rupiah. Anda harus membuatnya dalam jumlah banyak agar skala ekonomis terpenuhi, coba deh dihitung … nah lo, benerkan :-D.

Hal lain yang tidak kalah pentingnya adalah mutu, baik mutu kaos maupun mutu pengerjaan sablonnya. Desain yang bagus kalau dikerjakan dengan ceroboh tentu akan merusak hasil yang diharapkan. Pengetahuan cara menyablon memang harus dikuasai dan jalur cepat untuk mempersingkat learning curve (kurva pengetahuan) dan bisnis Anda adalah anda dapat melakukannya dengan menerima tukang sablon yang berpengalaman bekerja pada bisnis Anda.
Dengan cara seperti ini, bisnis anda dapat cepat terwujud, setelah desain ada, produknya jadi, tentu pasarnya yang kita tuju.

Bagaimana strateginya?
Secara ringkas, untuk produk sablon yang ‘biasa’ tentu Anda harus memiliki distributor yang banyak di setiap pasar, toko bahkan kakilima untuk memasarkannya. Juga hubungan yang baik dengan instansi atau sekolah yang memerlukan seragam olahraga atau acara dengan memberikan proposal dan harga yang rasional.
Untuk desain kaos dengan merek sendiri, tentu harus lebih khusus lagi. Sebisa mungkin memiliki toko sendiri atau gerai tersendiri di department store tertentu atau butik-butik tertentu hal ini akan mendongkrak citra produk anda. Harga kaos Anda pun dapat sedikit di atas rata-rata harga yang ada di pasaran. Penempatan lokasi jual produk juga harus anda perhatikan. Dekatkan dengan konsumen yang hendak anda bidik.
posted by : indieshirt